POHON (TREE)


Definisi
Pohon adalah graf tak-berarah terhubung
yang tidak mengandung sirkuit













Sifat-sifat Pohon :
+ Teorema. Misalkan  G = (V,  E) adalah graf tak-berarah
sederhana dan jumlah simpulnya n. Maka, semua pernyataan
di bawah ini adalah ekivalen:
1.   G adalah pohon.
2.   Setiap pasang simpul di dalam  G terhubung dengan lintasan tunggal.
3.   G terhubung dan memiliki m = n – 1 buah sisi.
4.   G tidak mengandung sirkuit dan memiliki m = n – 1  buah sisi.
5.   G tidak mengandung sirkuit dan penambahan satu sisi
      pada graf akan membuat hanya satu sirkuit.
6.   G terhubung dan semua sisinya adalah jembatan. 

+ Teorema di atas dapat dikatakan sebagai definisi lain dari pohon.


Pohon Merentang (spanning tree)
•  Pohon merentang dari graf terhubung adalah upagraf
merentang yang berupa pohon.
•  Pohon merentang diperoleh dengan memutus  sirkuit di dalam graf












+ Setiap graf terhubung mempunyai paling sedikit satu buah
   pohon merentang.
+ Graf tak-terhubung dengan k komponen mempunyai  k buah
   hutan merentang yang disebut hutan merentang (spanning forest).


Aplikasi Pohon Merentang
1. Jumlah ruas jalan seminimum mungkin yang
menghubungkan semua kota sehingga setiap kota tetap
terhubung satu sama lain.
2. Perutean (routing) pesan pada jaringan komputer.


   









Pohon Merentang Minimum
•  Graf terhubung-berbobot mungkin mempunyai lebih dari 1
pohon merentang.
•  Pohon merentang yang berbobot minimum –dinamakan pohon
merentang minimum (minimum spanning tree).


  







Algoritma Prim 
Langkah 1: ambil sisi dari graf  G yang berbobot minimum, 
masukkan ke dalam T.
Langkah 2:  pilih sisi (u, v) yang mempunyai bobot minimum dan
bersisian dengan simpul di  T, tetapi (u,  v) tidak
membentuk sirkuit di T. Masukkan (u, v) ke dalam T.
Langkah 3:  ulangi langkah 2 sebanyak n – 2 kali.

Contoh








































Pohon merentang minimum yang dihasilkan:

  







Bobot = 10 + 25 + 15 + 20 + 35 = 105

+ Pohon merentang yang dihasilkan tidak
   selalu unik meskipun bobotnya tetap sama.
+ Hal ini terjadi jika ada beberapa sisi yang
   akan dipilih berbobot sama.


Algoritma Kruskal
 ( Langkah 0: sisi-sisi dari graf sudah diurut menaik berdasarkan
bobotnya – dari bobot kecil ke bobot besar)
Langkah 1:  T masih kosong 
Langkah 2: pilih sisi (u,  v) dengan bobot minimum yang tidak
membentuk  sirkuit di T. Tambahkan (u, v) ke dalam
T.
Langkah 3:   ulangi langkah 2 sebanyak n – 1 kali.

Contoh









Sisi-sisi diurut menaik



      























Komentar

Postingan populer dari blog ini

RELASI PENGURUTAN PARSIAL DAN KESETARAAN

GERBANG LOGIKA

HIMPUNAN